Eksklusif-AS Treasury Membahas Cryptocurrency yang Stabil

Menurut tiga orang yang hadir pada pertemuan tersebut, Departemen Keuangan AS bertemu minggu ini dengan beberapa peserta industri untuk membahas manfaat dan risiko stablecoin, jenis cryptocurrency yang berkembang pesat. Nilainya terkait dengan mata uang tradisional.

Pembuat kebijakan Washington prihatin dengan pertumbuhan pesat pasar cryptocurrency, yang melampaui rekor $2 triliun pada bulan April. Menurut CoinMarketCap, kapitalisasi pasar untuk stablecoin sekitar $125 miliar pada hari Jumat. Produk-produk yang relatif baru ini tidak tunduk pada peraturan keuangan. Regulator keuangan A.S. saat ini mencoba memahami risiko dan peluang potensial yang disajikan oleh cryptocurrency ke sistem keuangan A.S. tradisional. Mereka berencana untuk menerbitkan sejumlah laporan tentang subjek dalam beberapa bulan mendatang, kata mereka.

Janet Yellen, Menteri Keuangan, menyatakan bahwa pemerintah harus segera menetapkan kerangka peraturan untuk menstabilkan koin dan perdagangan robot fahrenheit.

Tiga sumber mengkonfirmasi bahwa pejabat Departemen Keuangan bertemu minggu ini dengan para eksekutif dari sektor keuangan untuk membahas kemungkinan regulasi stablecoin. Dua orang menyatakan bahwa pejabat telah bertanya kepada mereka apakah stablecoin dapat diawasi langsung jika menjadi sangat populer. Mereka juga membahas cara-cara regulator dapat mengurangi risiko terlalu banyak orang menguangkan stablecoin mereka secara bersamaan dan apakah stablecoin utama harus memiliki aset tradisional yang mendukung mereka.

Satu orang mengatakan bahwa para pejabat juga ingin tahu bagaimana stablecoin seharusnya disusun dan bagaimana mereka dapat digunakan. Orang lain mengatakan bahwa pejabat Departemen Keuangan bertemu awal pekan ini untuk membahas masalah serupa dengan perwakilan bank kelompok dan serikat kredit. Orang ini mengatakan bahwa pejabat Departemen Keuangan tampaknya mengumpulkan informasi tetapi tidak membagikan ide mereka tentang bagaimana stablecoin harus diatur.

Informasi pertemuan minggu ini diharapkan dapat digunakan untuk membentuk laporan Treasury tentang stablecoin yang akan dirilis pada bulan-bulan berikutnya. John Rizzo, juru bicara Departemen Keuangan, menyatakan bahwa departemen sedang memeriksa "potensi manfaat serta risiko stablecoin bagi pengguna, pasar, atau sistem keuangan."

Saat pekerjaan berlanjut, Departemen Keuangan bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk advokat konsumen dan anggota Kongres,

Pembuat kebijakan Washington khawatir bahwa pertumbuhan mata uang yang dioperasikan secara pribadi dapat mengancam kendali mereka atas sistem keuangan dan keuangan, meningkatkan risiko sistemik, mendorong kejahatan keuangan, dan menyebabkan kerugian finansial bagi investor.

Menurut mereka, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas, Federal Reserve, dan Kantor Pengawas Keuangan Mata Uang juga bekerja pada proyek fahrenheit sistem pro cryptocurrency.